Jumat, 01 Mei 2015

Contoh Biografi dan Autobiografi

hari ini saya kembali memposting sesuatu yang kebetulan merupakan tugas yang diberikan guru saya ,,,,,ya saya di berikan tugas membuat biografi dan autobiografi tentang keluarga teman atau kerabat, namun saya lebih memilih tentang ibu , alasannya ya karena ibu merupakan seseorang yang berharga bagi saya. terimakasih silahkan membaca !

NAMA : ADITYA BAGUS RIVALDI
NO : 1
KELAS : XI IPS 1




Kata Pengantar


                  Dengan mengucapkan segala puji syukur kehadirta Allah swt yang telah memberikan segala rahmat taufik dan hidayah-Nya berupa kesehatan, sehingga kesempatan yang baik ini ,saya dapat menyusn autobiografi ini dengan baik dan lancar
Biografi ini beris masa-masa hidup dan pengalaman penulisketika umur 0 hingga kini. Tujuan penulis biografi ini agar pembaca tahu masa lalu penulis dan dapat mengambil sikap-sikap positif dari biografi penulis
Dalam penyusunan biografi ini masih jauh dari sempurna,maka saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, saya sebagai penulis biografi ini memohon maaf yang sebesar-besarnya.Terimakasih atas perhatiannya semoga autobiografi ini dapat bermanfaat bagi pembaca

Mataram,30, Februari, 2015

Penulis :
Aditya Bagus Rivaldi

BAB 1 : PENDAHULUAN


Latar Belakang :

       Penyesuaian tugas yang diberikan oleh guru pembimbing mata pelajaran bahasa Indonesia,
Yaitu mengenai autobiografi dan biografi, yang berhubungan dengan diri sendiri dan
Kedua orang tua. Untuk memenuhi tugas yang diberikan Ibu Guru.

Tujuan Penulisan

       Agar para pembaca dapat mengetahui cerita masa hidup penulis dan orang tuanya,
       Agar dapat lebih mengembangkan kreatifitas pembaca maupun penulis

Manfaat Penulisan

   -masyarakat atau pembaca dapat meneladani sikap positif dari penulis.
   -pembaca dapat mengetahui bagaimana riwayat hidup penulis dan Orang tuanya
 



BAB 2 : PEMBAHASAN

AUTOBIOGRAFI




Saya dilahirkan oleh kedua pasangan Bapak Nuryadin dan Ibu Mustaidah, di Mataram pada tanggal 21 Agustus  tahun 1998 dengan nama, Aditya Bagus Rivaldi, biasa dipanggil dengan sebutan Rival.tetapi banyak juga yang memanggil dengan nama depan atau tengah saya. Saya berjenis kelamin Laki-laki. Saya adalah anak pertama dari 4 bersaudara, kedua adik saya berjenis kelamin perempuan dan seorang lagi laki-laki,. Saya beragama Islam dan. Saya selalu bercita-cita menjadi pengusaha. Saya ingin menjadi pengusaha karena saya selalu membuat usaha mandiri. 

Saat ada waktu luang saya senang untuk bermain game online,menonton anime Jepang, membaca novel motivasi,dan memasak. Saya sangat suka makanan pedas, apalagi makanan buatan nenek saya.


Pada tahun 2003 hingga tahun 2005 saya tinggal di Kekalik, Ampenan dan pada tahun 2005 hingga sekarang saya mendiami rumah bersama keluarga saya di kelurahan Rembiga,Selaparang.



RIWAYAT ORANGTUA

Bapak saya lahir di Praya,Lombok Tengah pada tanggal 21 Juli 1971 dari kedua pasangan Bapak H Syahrudin dan Ibu Nuraini. Bapak Saya bekerja sebagai PNS dan ditempatkan di BPK provinsi.


Ibu saya lahir di Jakarta pada tanggal 22 September 1968 dari kedua pasangan bapak
 
H Mursidi dan Ibu Hj Sanifah. Ibu saya sekarang bekerja sebagai supervisor sebuah perusahaan asuransi bernama Bumiputera. Ibu menikah dengan bapak saya pada tanggal 20 Juli 2001.

RIWAYAT PENDIDIKAN 

Saya memulai pendidikan saya pada tahun 2003 di Taman Kanak-Kanak Perwanida 1 Ampenan saya dari TK sudah pergi sekolah sendiri tanpa didampingi oleh orang tua.  pada tahun 2004 saya melanjutkan ke jenjang selanjutnya di SDN 25 Mataram,karena orang tua saya yang memutuskan untuk berpindah rumah ke Rembiga saya harus berpindah sekolah dan tertarik untuk mencoba ke SDN 29 Mataram,disini saya mendapatkan ujian yang berat sebagai anak baru mungkin sudah adat selalu ditindas.setelah lulus SD saya memutuskan untuk bersekolah ke MTsN 2 Mataram

Saya sekarang berada di tingkat pendidikan SMA/MA kelas 2 di kelas XI IPS 1 dengan wali kelas bernama
Hj.Bq.Fatmawati,menurut hasil survei iseng-iseng saya yang saya lakukan secara ilegal , banyak anak yang merasa beliaulah guru terbaik di MAN 2 Model Mataram

PRESTASI 

Sebenarnya saya tdak memiliki prestasi lomba atau olimpiade apapun, namun ketika SD saya selalu masuk 5 besar dan ketika SMP bertengger di 10 besar, bukannya meremehkan prestasi tapi menurut saya semua orang berprestasi namun bidangnya yang berbeda, dan belum di ketahui banyak orang.

HAL-HAL MENARIK DARI SAYA

Sejak berumur 3 tahun hingga sekarang saya sudah tidak dapat bertemu dengan Ibu kandung saya yang bercerai karena pertentangan keluarga Ibu saya yang beragama Hindu.  Namun walaupun dia beragama Hindu saya juga tau diri dan akan mencarinya ketika dewasa, untuk berterimakasih.

Saat saya bersekolah di MAN 2 Model Mataram, saya tidak menyadari bahwa Iwan yang sekarang berada di kelas XII Aksel merupakan teman masa kecil saya dan selalu pulang bareng saat TK,dan juga saya tidak menyadari bahwa Agum XI IPA 1 adalah teman saya sekelas saat SD sebelum saya pindah

Dari kecil saya sudah dilatih agar bisa memanage uang secara mandiri, sehingga sekarang saya paling anti kekantin atau membeli makanan ketika saya sudah sarapan dirumah hal ini dapat mengalihkan dana yang seharusnya untuk konsumsi menjadi tabungan untuk berjaga-jaga ketika dibutuhkan sehingga tidak memberatkan orang tua.

Saya sering membantu mengerjakan pekerjaan dapur seperti memasak, karena memasak menurut saya merupakan hobi yang membuat dapat mandiri , apalagi ketika diajarkan resep baru oleh Bapak.

 

 

BIOGRAFI


      Ibu saya bernama  Mustaidah,beliau dibesarkan oleh pasangan bapak H Mursidi dan Ibu Hj Sanifah.Ayahnya berkerja sebagai kepala sekolah waktu itu, dan Ibunya sebagai Ibu rumah tagga. beliau  hobi jogging  dan meditasi
 Ibu saya sekarang bekerja sebagai supervisor sebuah perusahaan asuransi bernama Bumiputera. beliau menikah dengan bapak saya pada tanggal 20 Juli 2001.. adalah orang yang giat berusaha dan tidak ingin memberatkan orang tua  karena beliau memiliki 7 saudara dan beliau merupakan anak terakhir . dari kecil beliau sudah diajari sikap kedisiplinan yang kuat, dan kemandirian.

RIWAYAT PENDIDIKAN

     Beliau memulai pendidikan di SDN 25 Kekalik karena prestasi beliau yang selalu mendapat rangking 1 , beliau melanjutkan ke SMPN 2 Mataram, kemudian melanjutkan ke  SMAN 2 Mataram alasannya melanjutkan ke sana karena jarak antara rumah dan sekolah terlalu jauh .dan akhirnya melanjutkan pendidikan di Universitas Mataram dan mengambil  bidang hukum.

RIWAYAT PEKERJAAN

 Setelah lulus , beliau melirik pekerjaan yang sekiranya cocok dengan kepribadiannya, dan akhirnya beliau menemukan pekerjaan itu ,yaitu sebagai supervisor di sebuah perusahaan asura    nsi swasta, dulunya beliau nerasa canggung , namun kini beliau menjadi seorang supervisor yang sangat dihormati karena keuletannya dalam berkerja,hal inilah yang sepatutnya kita pelajari, kerjakan sesuatu yang engkau cintai , begitulah kira-kira gambarannya.

  BAB 3 : PENUTUP

Kesimpulan :

Setelah mengetahui sinopsis dari perjalanan hidup dan karakter penulis dan orang tuanya, dapat disimpulkan sebagai berikut : Kita dapat mengetahui bahwa mereka sudah menerapkan system kemandirian sejak kecil.
Penulis juga memiliki cita-cita yang tinggi dan semangat untuk menggapai mimpinya
Kisah mengaharukan juga dialami tokoh dimana dia harus terpisah dari Ibu kandungnya , bahkan kini dia tidak tau keberadaan dan rupa wajahnya.
Kegigihan beliau dalam menggapai prestasi tertinggi , berusaha untuk memberikan yang terbaik keuletan dalam berkerja , dan disiplin yang selalu diterapkan kepada anak merupakan contoh teladan Ibu yang baik bagi anaknyaKegigihan beliau dalam menggapai prestasi tertinggi , berusaha untuk memberikan yang terbaik keuletan dalam berkerja , dan disiplin yang selalu diterapkan kepada anak merupakan contoh teladan Ibu yang baik bagi anaknya

 

 

Saran :

-Kita harus semangat dalam menggapai mimpi
-kemandirian harus diterapkan sejak kecil agar menciptakan insane yang bermutu.
-Jangan pernah menghambur-hamburkan uang , gunakanlah untuk hal yang lebih bermanfaat.





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG………………………………………………………………………………………………………
B.      MANFAAT………………………………………………………………………………………………………………….
C.      TUJUAN……………………………………………………………………………………………………………………..
BAB II : PEMBAHASAN
A.      AUTOBIOGRAFI………………………………………………………………………………………………………….
B.      BIOGRAFI……………………………………………………………………………………………………………………
BAB III : PENUTUP
A.      KESIMPULAN……………………………………………………………………………………………………………..
B.      SARAN………………………………………………………………………………………………………………………..



TUGAS BAHASA INDONESIA

































4 komentar:

  1. keren gan postnya tepat banget lagi butuh contoh biografi dan autobiografi buat tugas, nambah nilai bahasa indonesia gan

    BalasHapus
  2. makasih fazzams ini juga hasil tugas sekolah

    BalasHapus
  3. Makasih ya udh ngepost kayak gini
    Bingung bngt mau ngerjain ya apalagi gw pemalu nanya ke orang kayak gitu
    Untung aj ad klo gk diomelin gw Ama guru hehehe
    Makasih ya udah ngepost kayak gini

    BalasHapus

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net