Rabu, 02 September 2015

Kumpulan cerita rakyat daerah nusantara dan dunia terpopuler




 Kali ini saya memposting beragam cerita rakyat daerah nusantara dan dunia yang menurut saya paling keren dan terkenal, sebenarnya saya males juga buat mengetik sebanyak ini dan mencari referensi dari banyak blog tentu hal ini karena banyak teman saya yang meminta untuk mencarikan cerita rakyat daerah nasional dan internasional semoga agan menyukai artikel ini



Cerita rakyat daerah populer dunia

Cerita rakyat meksiko

Legend Chupacabra
Chupacabra atau chupacabras adalah mahluk legendaris yang dikabarkan menghuni benua Amerika. Hal ini terkait dengan penampakan hewan tak dikenal di Puerto Rico (di mana penampakan ini pertama kali dilaporkan), Meksiko, dan Amerika Serikat. Nama makhluk ini diambil dari kebiasaannya yang dilaporkan senang menyerang dan minum darah ternak, khususnya kambing.
Laporan penampakan dari Chupacabra sering diabaikan karena kurangnya bukti. Para ahli biologi dan pejabat satwa liar menganggap chupacabra hanyalah sebuah legenda yang menyebar di masyarakat dan belum terbukti kebenarannya.
Cerita rakyat Polandia
Legenda Wila
Dalam mitologi Polandia, Wila adalah roh wanita yang sering muncul dalam bentuk gadis cantik, terkadang tanpa busana atau memakai gaun putih yang berkilau, rok hijau, dan jubah biru.
Konon jika sehelai rambut Wila dicabut, dia akan mati, atau berubah ke wujud aslinya. Wila juga digambarkan memiliki kekuasaan atas angin dan dapat menciptakan badai kencang. Mereka biasanya tinggal di sekitar bukit, gunung, dan gundukan tanah yang tinggi.
Cerita rakyat Indonesia
Legenda Ba jiao gui
Ba jiao gui secara harfiah diartikan sebagai hantu pisang. Hantu wanita yang tinggal di pohon pisang ini akan muncul sembarai meratap pada malam hari, kadang-kadang sambil membawa bayi. Dalam beberapa cerita rakyat dari Thailand, Malaysia dan Singapura, orang-orang senang meminta nomor undian dari hantu itu dengan harapan memenangkan undian.
Mereka akan mengikat benang merah mengelilingi batang pohon dan menempelkan jarum di dalamnya dan kemudian mengikat ujung tali ke tempat tidur mereka. Saat malam hari, Ba jiao gui akan muncul dan memohon kepada orang-orang itu untuk membebaskannya, dan sebagai imbalannya, ia akan memberikan nomor undian.
Jika orang tersebut tidak memenuhi janjinya untuk membebaskan hantu tersebut setelah menang, dia akan bertemu dengan kematian yang mengerikan. Hantu ini sering disamakan dengan Pontianak, hantu dalam cerita rakyat Melayu.
Legenda Hantu perobek mulut
Ada sebuah legenda di Jepang dan China yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Kuchisake-Onna. Beberapa orang mengatakan bahwa ia adalah istri seorang samurai. Suatu hari, ia berselingkuh dengan pria yang lebih muda dan lebih tampan. Ketika suaminya pulang, ia menemukan pengkhianatan istrinya.
Karena murka, ia mengambil pedangnya dan merobek mulut istrinya dari telinga kanan hingga ke telinga kiri. Ada yang mengatakan bahwa wanita itu dikutuk untuk tidak pernah mati, dan hingga sekarang masih mengembara di dunia.
Legenda Si Manis Jembatan Ancol
Siapa tak kenal Si Manis penunggu Jembatan Ancol. Urban legend yang berasal dari Jakarta ini telah tersohor hingga ke luar Pulau Jawa. Bahkan saking terkenalnya, kisah hantu ini sempat diangkat ke layar kaca dan menjadi hype di tahun 90-an.
Ada beragam versi yang menceritakan tentang terbunuhnya Si Manis di Jembatan Ancol yang dulunya dikenal sebagai jembatan goyang tersebut. Salah satu versi mengisahkan bahwa Si Manis meninggal karena diperkosa lalu mayatnya dibuang ke sungai. Lain cerita menggambarkan bahwa Si Manis yang kabarnya bernama Siti Ariah itu dibunuh oleh centeng kiriman Oey Tambahsia, seorang tokoh yang terkenal saat itu.
Hingga kini, cerita tentang penampakan gadis cantik di jembatan tersebut masih santer terdengar.
Ref duniavaca.com

Legenda Bloody Mary
Urban legend ini mengisahkan bahwa siapapun yang mengucapkan kata Bloody Mary sebanyak tiga kali di depan cermin akan memanggil roh pendendam. Ini adalah sebuah legenda tua, namun tidak ada yang tahu tentang asal-usul legenda Bloody Mary.
Ada banyak versi yang menceritakan tentang siapa roh pendendam dalam kisah Bloody Mary, yang kabarnya adalah seorang wantia yang dibunuh karena berlatih sihir.
Cerita rakyat Skotlandia
Legenda White Death
Ini adalah kisah tentang seorang gadis kecil di Skotlandia yang membenci hidupnya sendiri hingga akhirnya memutuskan untuk bunuh diri, dan tak lama kemudian keluarganya tahu apa yang telah dilakukannya.
Kisah mengerikan itu dimulai ketika semua anggota keluarganya ditemukan meninggal beberapa hari kemudian dengan kaki terkoyak. Siapapun yang mempelajari tentang White Death akan berhadapan dengan hantu gadis itu.
Dia akan datang untuk menemukan Anda dan mengetuk pintu Anda dengan keras. Ketika Anda membuka pintu, dia akan membunuh Anda karena takut Anda memberitahukan keberadaannya kepada orang lain.
Cerita rakyat Rumania
Dracula

Vlad Tsepes III (1431 – 1475 M) atau yang lebih populer dengan nama Drakula dilahirkan di Transylvania, Rumania. Ia merupakan anak Ke 2 dari Vlad II dan Cneajna, seorang putri dari Moldavia
Masa kecil Drakula memang tidak berlangsung lama, diusianya yang ke 11 ia harus menjadi jaminan kesetian ayahnya kepada kesultanan Turki ottoman, ia dan adiknya Randu harus dikirim ke Turki.
Setelah perang Verna, terjadi konflik antara Vlad II dan John Hunyadi, yang berujung pada kematian Vlad II dan Mircea, kakak Drakula. Melihat perubahan politik di Wallachia tersebut, maka sultan Turki ottoman Mehmed II mengirimkan Drakula pulang ke wallachia untuk merebut tahta.
Drakula kembali ke Wallacia dengan di kawal 8000 prajurit Turki ottoman. sesampainya di Tirgoviste (ibu kota wallachia) terjadi pertempuran antara pasukan Vlasdisav dengan pasukan Drakula, yang akhirnya di menangkan oleh pasukan Drakula dan menempatkan Drakula sebagai penguasa Wallachia.

3.Abunawas- Persia
Tokoh yang dinggap badut namun juga dianggap ulama besar ini— sufi, tokoh super lucu yang tiada bandingnya ini aslinya orang Persia yang dilahirkan pada tahun 750 M di Ahwaz meninggal pada tahun 819 M di Baghdad. Setelah dewasa ia mengembara ke Bashra dan Kufa. Di sana ia belajar bahasa Arab dan bergaul rapat sekali dengan orang-orang badui padang pasir. Karena pergaulannya itu ia mahir bahasa Arab dan adat istiadat dan kegemaran orang Arab", la juga pandai bersyair, berpantun dan menyanyi. la sempat pulang ke negerinya, namun pergi lagi ke Baghdad bersama ayahnya, keduanya menghambakan diri kepada Sultan Harun Al Rasyid Raja Baghdad.Nama Abu Nawas begitu populernya sehingga cerita-cerita yang mengandung humor banyak yang dinisbatkan berasal dari Abu Nawas.
Cerita rakyat Amerika
Bloody Mary

Pada cerita rakyat Barat, Bloody Mary adalah setan atau penyihir yang dikatakan akan muncul di kaca ketika namanya dipanggil tiga kali (atau lebih, bergantung versi cerita), sering digunakan sebagai bagian dari permainan. Cerita yang sangat mirip lainnya dengan nama yang sama adalah Mary Worth, Mary Worthington, Hell Mary, dan Black Agnes. "Bloody Mary" adalah permainan dan hantu dengan yang sama (atau nama lainnya, seperti "Mary Worth") dikatakan akan muncul di kaca ketika dipanggil. Juga dikatakan bahwa jika berkata carol tiga kali, hantu kaca akan tiba. Salah satu cara umum untuk membuatnya muncul adalah berdiri di depan kaca dalam kegelapan (biasanya di kamar mandi) dan mengulangi namanya tiga kali. Bloody Mary Worth dideksripsikan juga sebagai pembunuh anak-anak.
Bloody Mary adalah legenda Amerika, yaitu seorang wanita, Mary Whirnington yang dikabarkan meninggal di depan cermin. beberapa juga mengatakan kalau meninggal dibunuh dengan kejam oleh kekasihnya atau teman kencannya. beberapa menganggapnya seorang penyihir. Arwah Mary, terperangkap di dalam cermin sehingga ia tidak bisa keluar kecuali ada seseorang yang membuka jalannya dan karena terlalu lama terperangkap di dalam cermin, jiwanya menjadi marah, hampa dan bisa melakukan hal-hal yang di luar batas kemanusiaan. Bloody Mary dapat dipanggil dengan cara mengatakan Bloody Mary 3 kali di depan cermin kamar mandi dengan lampu yang mati. dan kemudian Bloody Mary akan muncul. Mary akan mengambil mata orang yang memanggilnya. Anak-anak di seluruh penjuru Amerika sering memainkannya dan kena atau tidaknya masih misteri.
Cerita rakyat Australia
fisher’s ghost

Legenda hantu Fisher adalah sebuah cerita rakyat Australia sejak awal abad ke-19. Cerita ini muncul dari serangkaian peristiwa bersejarah yang terjadi di Campbelltown, sekarang sebuah pusat penduduk kota besar di pinggiran baratdaya Sydney, tapi pada waktu itu sebuah pos pedesaan terpencil.
Tahun 1829 seorang petani Campbelltown bernama Fred Fisher tiba-tiba menghilang. Teman dan tetangganya, George Worrall mengklaim bahwa Fisher telah kembali ke Inggris, dan sebelum pergi ia memberikan Worrall kekuasaan pengacara terhadap properti dan urusannya. Kemudian, Worrall mengklaim bahwa Fisher telah memberikannya catatan bahwa ia takkan kembali ke Australia, dan memberikan pertaniannya kepada Worrall.
Empat bulan setelah kehilangan Fisher, seorang warga lokal yang dipercaya, John Farley, berlari ke dalam hotel setempat dalam keadaan sangat gelisah. Ia berkata pada penjaga yang terkejut bahwa ia telah melihat hantu Fred Fisher duduk di rel jembatan terdekat. Farley mengatakan bahwa hantu itu tidak bicara, tapi mengarahkan jarinya ke pedok di belakang sungai, sebelum menghilang.
Awalnya cerita Farley ditanggapi biasa, tapi peristiwa yang mengelilingi kehilangan Fisher memunculkan dugaan sehingga pencarian polisi di tempat yang ditunjuk hantu tersebut dijalankan - selama pencarian, mayat Fisher yang dibunuh ditemukan terkubur di tepi sungai. George Worrall ditahan atas kejahatannya, mengaku, dan dihukum gantung. Fred Fisher, yang tanahnya teah diambil, dikuburkan di pemakaman di St. Peter's Anglican Church di Campbelltown.
Dianggap bagi sejumlah orang bahwa cerita hantu ini dikarang oleh Farley sebagai jalan untuk menyembunyikan sumber spekulasi lain yang menyatakan pengetahuan Farley di mana keberadaan mayat Fisher, tapi tak bisa dinyatakan kebenarannya. Catatan polisi dan pengadilan tidak menyebutkan cerita hantu - tapi mereka juga menutup mulut tentang bagaimana pihak berwenang tahu di mana keberadaan mayat Fisher.
Legenda hantu Fisher sejak itu memasuki cerita rakyat terkenal, dan dirayakan selama Fisher's Ghost Festival tahunan di Campbelltown yang dilaksanakan awal hingga pertengahan November. Sungai di samping tempat penemuan mayat Fisher dikenal sebagai Fisher's Ghost Creek. Sekarang diubah menjadi tempat penampungan air hujan.
Ref cerita fitra ramdhani.blogspot.com

Cerita Rakyat Jerman
Beruang yang menari
Dahulu kala, ada seekor beruang yang mengikuti majikannya dan menampilkan berbagai atraksi kemanapun mereka pergi. Beruang ini sangat pintar menari dan majikannya memperoleh banyak uang dari bakat beruang.
Suatu hari, beruang kabur dari majikannya dan kembali ke hutan. Teman-teman lamanya menyambutnya dengan hangat dan mempersiapkan banyak makanan baginya.
Beruang sudah pernah berkunjung ke luar negeri dan berbagai pelabuhan. Dia menceritakan banyak hal kepada mereka tentang petualangannya di negeri-negeri itu. Dia mulai merasa bersemangat dan mulai memamerkan bakatnya, berdiri dengan dua kaki dan mulai menari. Teman-temannya terkesan melihat gerakan anggun itu.
Tak lama kemudian, mereka berusaha meniru gerakannya. Semuanya tidak bisa. Mereka jatuh setiap kali mencoba untuk berdiri dengan dua kaki.
Beruang yang berbakat itu dengan bangganya terus memamerkan gerakan-gerakan yang sulit. Tetapi teman-temannya mulai iri hati padanya. Mereka mengangkatnya dan melemparkannya keluar dari goa!
SELESAI
bukit loreley-Jerman

Konon di batu tadi dulu seringkali terlihat duduk seorang gadis cantik yang sedang patah hati. Gadis cantik tadi sering bersenandung sembari membelai rambutnya yang kuning keemasan diterpa cahaya bulan. Penampakan gadis cantik dan suara nyanyiannya inilah yang dianggap sering menyebabkan banyak kapal mengalami kecelakaan dan tenggelam di bagian aliran sungai ini. Konon karena para kapten kapal terpesona sehingga tidak berkonsentasi, dan terjadilah tabrakan atau kecelakaan kapal. Yang pasti, bagian sungai di wilayah ini termasuk bagian yang tersempit namun yang terdalam, kebetulan juga merupakan jalur yang menikung. Bisa jadi, kecelakaan kapal yang terjadi karena pusaran air sungai atau fenomena alam lainnya.
Namun yang pasti, pemandangan dari bukit setinggi kira-kira 125 m dari permukaan sungai ini memang indah sekali. Dari atas, kita bisa menikmati hilir mudiknya kapal, kereta api yang melintas maupun hilir mudiknya mobil di sepanjang pimgiran sungai Rhine. Juga hamparan perbukitan nan hijau di wilayah seberang sungai Rhine.


Cerita Rakyat India
Anjing dan kambing
Pada suatu masa, seorang raja berkata kepada menterinya, “Jika kita bicara tentang produktivitas, sepertinya anjing lebih produktif daripada kambing. Tetapi, mengapa kita hanya melihat kawanan kambing, bukan kawanan anjing? Bisa kamu jelaskan itu?”
Menteri yang cerdas itu pun menjawab, “Tuanku, izinkan aku mengadakan percobaan dan Tuanku akan tahu apa alasannya.”
Malam harinya, menteri mengunci dua puluh ekor anjing di dalam sebuah rumah, dengan sekeranjang daging. Di sebuah rumah lain, menteri mengunci dua puluh ekor kambing dengan sekeranjang penuh jerami. Menteri memerintahkan agar kedua rumah itu dikunci dan dijaga dengan ketat. Lalu, kata menteri kepada raja, “Tuanku, besok pagi Tuanku akan mendapatkan jawabannya.”
Keesokan paginya, mereka kembali ke kedua rumah itu. Setelah menteri memerintahkan agar rumah tempat menampung anjing-anjing itu dibuka, mereka melihat ternyata anjing-anjing itu saling berkelahi dengan sengitnya sampai mati, sedangkan keranjang berisi daging itu tetap utuh.
Kemudian, menteri dan raja mendatangi rumah yang lain, tempat menampung kambing. Mereka melihat para kambing sedang berdekatan, tidur pulas. Keranjang jeraminya sudah kosong.
“Tuanku,” kata menteri, “anjing-anjing tidak memakai makanan mereka, melainkan hanya berkelahi memperebutkan makanan itu sampai mati. Tetapi, kambing-kambing itu memakan jerami dan tidur bersama-sama. Karena itulah, jumlah kambing-kambing bisa berkembang pesat dan bertambah banyak sedangkan anjing-anjing hanya berkelahi di antara mereka sendiri. Demikian juga dengan manusia. Kalau mereka selalu berkelahi, mereka tidak pernah makmur.”
Raja puas dengan menterinya.
SELESAI.

Cerita Rakyat Korea Utara
Yong tu dan pot bunga
Dahulu kala, ada seorang raja tua. Raja tidak punya anak laki-laki yang bisa menggantikannya sebagai raja. Ini membuat hati raja sangat sedih. Ia memutuskan untuk mengangkat seorang anak laki-laki yang bisa menjadi ahli warisnya.
Pada suatu hari, raja berpikir keras bagaimana cara menemukan seorang anak di negerinya yang pantas dijadikan anak angkatnya. Akhirnya, raja mendapat ide.
Raja memberikan benih-benih tanaman kepada semua anak laki-laki di negerinya. Lalu, raja mengumumkan bahwa barang siapa berhasil menumbuhkan bunga-bunga yang paling cantik dari benih itu, ia akan diangkat menjadi anak dan ahli warisnya.
Semua anak laki-laki menanam benih itu dengan sangat hati-hati. Mereka memelihara tanaman mereka dengan baik.
Salah seorang yang menanam benih itu bernama Yong Tu. Dia memelihara benih yang ditanamnya, setiap hari. Tanpa terasa, setengah bulan sudah waktu berlalu, dan akhirnya satu bulan.
Yong Tu mendapati bahwa benih yang ditanamnya itu belum juga bertunas. Dia bertanya kepada ibunya, “Mengapa belum bertunas juga?”
“Coba ganti tanah yang di dalam potnya,”saran ibunya.
Yong Tu menuruti saran ibunya, tetapi benih itu tetap tidak bertunas juga.
Tak lama setelah itu, hari pemilihan anak angkat pun tiba. Semua anak laki-laki tampil dengan pakaian terbaik mereka, dan membawa pot-pot berisi tanaman yang sudah berbunga. Masing-masing anak sangat ingin menjadi anak angkat raja.
Ketika melihat satu demi satu semua anak-anak laki-laki membawa pot berisi tanaman yang sudah berbunga itu, raja tidak tampak senang. Hingga dilihatnya seorang anak di salah satu sisi sedang menangis sambil memegangi pot bunganya yang kosong.
Raja berjalan mendekati anak itu dan bertanya,”Mengapa kamu membawa pot yang tidak ada tanaman bunganya?”
Tangis Yong Tu lebih keras lagi. Akhirnya, anak itu menjawab,”Setiap hari aku menjaga benih yang kutanam, tetapi benihnya tidak bertunas sama sekali.”
Raja tersenyum pada Yong Tu. Lalu, raja menggenggam tangan anak itu dengan gembira dan mengumumkan dengan suara keras,”Inilah anak angkatku!”
Anak-anak yang lain terkejut dan mereka bertanya,”Mengapa Tuanku Raja memilih anak yang membawa pot bunga tanpa bunga? Bukankah Tuanku mengingikan seorang anak yang bisa menumbuhkan bunga-bunga yang paling cantik?”
“Anak-anakku,”jawab raja,”Kepada kalian semua, aku membagikan benih yang sudah kurebus. Seharusnya, benih kalian sama sekali tidak akan bisa berbuah!”
Anak-anak yang lain menundukkan kepala mereka karena malu. Rupanya, ketika benih pemberian raja itu tidak bertunas juga, mereka menanam benih yang lain untuk menghasilkan bunga-bunga yang cantik. Yong Tu – lah satu-satunya anak yang jujur. Karenanya, raja memilihnya sebagai anak angkat.
SELESAI
Cerita Rakyat Perancis
Burung bangau dan serigala
Dahulu kala, ada seekor serigala yang selalu melahap makanannya yang rakus, seperti hewan kelaparan selama bertahun-tahun. Pada suatu hari, ketika sedang melahap mangsanya, dia begitu tergesa-gesa, sampai-sampai ada tulang yang tersangkut di tenggorokkannya dan hampir membuatnya mati tersedak. Serigala tidak kuat lagi menahan sakitnya, maka dia meminta bantuan dari seekor burung bangau betina.
Kata serigala, ” Kalau kamu bisa mengeluarkan tulang dari tenggorokkanku, aku akan memberimu imbalan yang besar.”
Mendengar bahwa akan menerima imbalan, burung bangau langsung bekerja. Burung bangau menjulurkan lehernya ke dalam tenggorokan serigala dan mengeluarkan tulang itu.
Serigala berbalik untuk pergi. Ketika burung bangau menanyakan imbalannya, serigala menyeringai padanya dengan raut muka ganasnya seraya mengatakan, ” Yang benar saja? Baru saja kutunjukkan kebaikan hatiku padamu, dengan membiarkanmu melepaskan kepalamu dengan selamat dari mulutku. Dan itu sudah imbalan yang besar untukmu!”
Burung bangau tercekat.

Cerita Rakyat Rusia
Dua ekor tikus dan susu
Syahdan, ada dua ekor tikus yang kelaparan keluar dari lobang mereka untuk mencari makan. Mereka menemukan sebuah panci besar berisi susu. Salah satu dari mereka mendapat ide : satu tikus memanjat naik ke atas panci itu dengan berdiri di atas punggung tikus yang lain.
Lalu, dia memegangi pinggiran panci itu, sementara yang lain memegangi ekor tikus pertama dengan mulutnya. Tikus pertama itu lalu turun ke dalam panci dan meminum susunya.
Ketika tikus pertama sedang meminum susu, dengan tidak sabar tikus kedua berteriak, “Cukup ! Sekarang giliranku !”
Begitu tikus kedua membuka mulutnya, ekor tikus pertama pun terlepas. Tikus pertama jatuh ke dalam panci susu, lalu mati tenggelam.
Dengan hati puas, tikus kedua berpikir,”Bagus, sekarang dia sudah mati tenggelam, aku bisa menikmati susunya untukku sendiri.” Mulailah dia berjalan memutari panci itu, tetapi tidak bisa menemukan cara untuk memanjat naik ke atas panci.
Tak lama kemudian, dia pun mati kelaparan.
SELESAI
Cerita Rakyat Spanyol
Istana di dasar danau
Dahulu kala di negeri Spanyol ada seorang kesatria yang dikenal paling tampan dan perkasa. Dia suka menolong. Tak ada yang bisa menghalanginya menolong gadis-gadis malang atau membebaskan anak yatim dari ayah tiri yang kejam.
Dia suka mengembara, mendaki gunung-gunung, menuruni lembah, membunuh penyamun-penyamun, dan membuat orang-orang jahat gemetar ketakutan.
Badannya tegap, perkasa setiap orang tahu bahwa dia tak gentar menghadapi segala macam bahaya.
“Tunjukkan padaku suatu petualangan,” dia akan selalu berkata begitu, “Maka akan kutunjukkan bagaimana caranya menghunus pedang, menunggang kuda dan mengalahkan musuh.”
Edward menikmati hidupnya yang penuh petualangan dengan gembira.
“Berkelahi dan mengembara membuat seorang kesatria selalu sehat,” katanya senantiasa. “Aku senang berkenalan dengan orang-orang dan menjelajah daerah baru. Seorang kesatria tak boleh mendekam di suatu tempat.”
Demikianlah Edward mengembara terus diiringi pengawalnya yang setia, Alfonso. Rakyat berterima kasih karena perbuatannya memerangi kejahatan. Tapi mereka pun merasa lega jika dia sudah meneruskan perjalanannya. Edward orangnnya tak bisa tenang dan selalu mencari-cari kalau ada naga sembunyi di semak-semak atau nenek sihir sembunyi di kolong tempat tidur.
Tapi, suatu kali pernah Edward sial. Dia mendaki gunung lalu turun ke sebuah desa di lembah di balik gunung. Desa itu aman dan damai. Penduduknya hidup rukun dan bahagia. Binatang paling buas disitu hanyalah kucing. Adipati yang menguasai wilayah itu sangat pemurah dan baik hati.
Edward dan Alfonso segera menjadi bosan. Mereka menjelajahi daerah itu tapi tak menemukan petualangan yang cukup berarti. Malam hari, setelah lelah berkuda seharian, mereka masuk ke sebuah penginapan untuk makan dan menginap semalam.
Sepanjang hari mereka menemukan wajah-wajah yang cerah bahagia begitu pula di penginapan itu. Semua orang kelihatannya hidup makmur dan santai. Tak ada gunanya bertanya kalau-kalau disekitar situ ada naga yang pantas dibunuh.
Edward merasa kesal.
“Aku sudah bosan menjelajahi negeri ini,” keluhnya. “Kuharap kita sudah dekat dengan perbatasan dan bisa segera keluar dari tempat yang menjemukan ini.”
Sama sekali ia tak menduga bahwa sebentar lagi dia akan mengalami petualangan yang sangat seru.
Kemudian pemuda itu tertawa. “Tentu saja tak ada yang berani. Bagaimana orang akan berjalan melintasi permukaan air? Dan apakah mereka akan bisa kembali? Nah … Tuan, jika Tuan menginginkan suatu petualangan yang benar-benar hebat berjalanlah menyeberangi danau menemui si Jelita.”
Edward cukup puas. Mungkin tidak akan ada pertempuran, tapi sebuah petualangan wow sungguh sangat menarik. Tapi Alfonso sebenarnya sangat kebgeratan dengan rencana petualangan yang aneh itu.
Keesokan harinya, ia bermaksud berangkat ke danau angker. Ia tak peduli peringatan Alfonso, Edward berkuda ke Danau Angker. Dia menunggu di tepian sampai bulan purnama muncul di langit.
Ketika itulah, ketika bulan memancarkan sinarnya yang indah, dari tengah danau muncul gadis cantik jelita. Gadis itu melambai memanggilnya.
“Kemarilah. Datanglah padaku.” Edward belum pernah mendengar suara semerdu itu penuh pesona.
Edward terpana. Tanpa disadarinya ia mulai melangkah. Ternyata air danau bisa menahan berat tubuhnya, jadi seperti berjalan di atas tanah saja. Kecantikan gadis itu, keindahan sinar bulan dan desah angina sepoi-sepoi membuat dia lupa akan segal-galanya. Dia lupa akan Alfonso yang setia menunggunya di tepi danau.
Gadis itu tersenyum manis sekali. “Aku Ratu Danau Angker,” katanya sambil memegang tangan Edward.
Ratu Danau Angker membimbing Edward menyelam ke dasar danau. Anehnya dia tak merasa kedinginan atau gelagapan. Mereka melewati gerbang zamrud; lalu gerbang permata delima, dan ketiga … gerbang intan. Akhirnya keduanya sampai ke istana yang penuh dengan orang-orang yang sedang berpesta sambil ngobrol riang.
Inilah keratin Ratu Danau Angker. Raut itu ingin menikah dengan manusia biasa. Tamu-tamu yang anggundan tempan itu belum pernah kelau dariistana sang Ratu. Cerita mereka sudah habis didengar Ratu.”Ceritakan bagaimana kau berhasil membunuh naga,” kata Ratu pada Edward, “Bagaimana kau menyelamatkan putrid raja dan memberantas gerombolan penyamun di Tuscanya.”
Edward memang suka menceritakan pengalamannya dan membanggakannya. Hari-hari pertama dia merasa senang, tapi … lama-lama bosan juga. Bercerita saja, tidak cukup, betapapun petualangannya itu seru. Edward sudah ingin bertualang lagi, bertualang sungguh-sungguh.
Ketika hal itu dikatakannya kepada Ratu Danau Angker, sang Ratu sangat marah. “Kau pikir aku ini apa?” teriaknya murka.
“Kalau kau pergi, lalu aku harus menunggumu sambil membersihan istana, ya?”
“Pikir dulu. Jika kau berani keluar dari istana ini, kau akan mati tenggelam. Kau harus tinggal disini dan mendongeng setiap hari. Awas ya!” ancam Ratu.
Tapi Ratu keliru. Edward justru malah merasa ditantang. Apapun resikonya, dia akan lari. Edward memang pemberani.
“Tak ada yang bisa memenjarakan saya, apalagi hanya seorang perempuan,” teriaknya marah. Dia berlari ke luar istana, melewati gerbang intan, gerbang permata delima, dan gerbang zamrud. Sekarang dia berada dalam air kelabu yang sedingin es.
Terdengar pekik jerit di belakangnya. Istana Ratu Danau Angker hancur berantakan. Tapi Edward sendiri sedang berusaha berenang ke permukaan, dia tidak peduli-menengok ke belakang pun tidak.
Kemudian datang seekor ikan yang besar sekali, menjejerinya.
“Peganglah ekorku,” kata ikan itu. “Kuantar kau ke permukaan. Kau telah menyelamatkan kami dari kekuatan sihir Ratu Danau Angker karena berani meninggalkanistana itu.”
Edward pun sampai ke tepi danau.
Bagi Edward, serasa dia sudah pergi selama berbulan-bulan tapi bagi Alfonso yang menunggunya dengan setia, terasa hanya beberapa menit saja.
Ketika pakaiannya sudah kering kembali, Edward merasa terbebas dari pesona Ratu Danau Angker. Diiringi Alfonso, dia kembali bertualang menjelajahi daerah-daerah tak dikenal, tapi dia takkan mengulang petualang yang menyeramkan didasar danau.
Itulah Edward yang suka berpetualang, ingin dan ingin mengetahui rahasia alam untuk meluaskan pengalaman hidup.
Dia dan Alfonso sedang duduk menyantap makan malam ketika seorang pemuda bertubuh kecil, memakai jubah putih datang menghampirinya. Pemuda itu kelihatan ringkih, sepertinya tidak pernah bekerja sana sekali.
“Bolehkah aku duduk bersama Anda?” Tanya pemuda itu.
“Kulihat Anda ini sangat perkasa. Mestinya menyenangkan duduk mengobrol dengan Tuan daripada bicara dengan orang-orang dusun yang bodoh dan tolol disini.”

Edward mengangguk dan pemuda itu pun duduk.
“Aku seorang penyair,” katanya, “Tapi di daerah ini tak ada orang yang cukup pintar untuk memahami puisiku.”
Sial benar pemuda itu. Sebab meskipun berasal dari keluarga terhormat serta terpelajar, Edward sama sekali tak tertarik pada puisi. Setali tiga uang dengan petani dusun.
“Tapi aku gembira kau mau mengobrol denganku,” kata Edward. “Apakah Anda tahu kalau-kalau ada petualangan seru di sekitar sini? Apakah ada misteri yang belum pernah dipecahkan didaerah ini?”
Mula-mula penyair muda itu menggeleng tapi akhirnya dia mengangguk, “Ya ada Misteri Danau Angker”, tapi dia nampak ragu-ragu. “Anda adalah seorang kesatria, aku tak yakin Anda akan tertarik pada misteri sebuah danau.”
Edward sudah sangat bosan. Misteri seremeh apapun dia tak peduli asalkan ada kesempatan untuk bertualang.
“Ceritakan tentang Danau Angker itu” desaknya.
“Yah,” kata si penyair muda, “Disebelah barat daerah ini ada sebuah danau. Airnya berwarna kelabu. Permukaannya berkabut, tak pernah jernih. Tak adaorang yang bisa mengintip isinya. Tetapi setiap malam bulan purnama, dari dalamnya akan muncul seorang gadis jelita. Gadis itu akan memanggil-manggilorang yang berdiri ditepi danau untuk mendekatinya.”
Kemudian pemuda itu tertawa. “Tentu saja tak ada yang berani. Bagaimana orang akan berjalan melintasi permukaan air? Dan apakah mereka akan bisa kembali? Nah … Tuan, jika Tuan menginginkan suatu petualangan yang benar-benar hebat berjalanlah menyeberangi danau menemui si Jelita.”
Edward cukup puas. Mungkin tidak akan ada pertempuran, tapi sebuah petualangan wow sungguh sangat menarik. Tapi Alfonso sebenarnya sangat kebgeratan dengan rencana petualangan yang aneh itu.
Keesokan harinya, ia bermaksud berangkat ke danau angker. Ia tak peduli peringatan Alfonso, Edward berkuda ke Danau Angker. Dia menunggu di tepian sampai bulan purnama muncul di langit.
Ketika itulah, ketika bulan memancarkan sinarnya yang indah, dari tengah danau muncul gadis cantik jelita. Gadis itu melambai memanggilnya.
“Kemarilah. Datanglah padaku.” Edward belum pernah mendengar suara semerdu itu penuh pesona.
Edward terpana. Tanpa disadarinya ia mulai melangkah. Ternyata air danau bisa menahan berat tubuhnya, jadi seperti berjalan di atas tanah saja. Kecantikan gadis itu, keindahan sinar bulan dan desah angina sepoi-sepoi membuat dia lupaakan segal-galanya. Dia lupa akan Alfonso yang setia menunggunya di tepi danau.
Gadis itu tersenyum manis sekali. “Aku Ratu Danau Angker,” katanya sambil memegang tangan Edward.
Ratu Danau Angker membimbing Edward menyelam ke dasar danau. Anehnya dia tak merasa kedinginan atau gelagapan. Mereka melewati gerbang zamrud; lalu gerbang permata delima, dan ketiga … gerbang intan. Akhirnya keduanya sampai ke istana yang penuh dengan orang-orang yang sedang berpesta sambil ngobrol riang.
Inilah keratin Ratu Danau Angker. Raut itu ingin menikah dengan manusia biasa. Tamu-tamu yang anggundan tempan itu belum pernah kelau dari istana sang Ratu. Cerita mereka sudah habis didengar Ratu.”Ceritakan bagaimana kau berhasil membunuh naga,” kata Ratu pada Edward, “Bagaimana kau menyelamatkan putrid raja dan memberantas gerombolan penyamun di Tuscanya.”
Edward memang suka menceritakan pengalamannya dan membanggakannya. Hari-hari pertama dia merasa senang, tapi … lama-lama bosan juga. Bercerita saja, tidak cukup, betapapun petualangannya itu seru.Edward sudah ingin bertualang lagi, bertualang sungguh-sungguh.
Ketika hal itu dikatakannya kepada Ratu Danau Angker, sang Ratu sangat marah. “Kau pikir aku ini apa?” teriaknya murka.
“Kalau kau pergi, lalu aku harus menunggumu sambil membersihan istana, ya?”
“Pikir dulu. Jika kau berani keluar dari istana ini, kau akan mati tenggelam. Kau harus tinggal disini dan mendongeng setiap hari. Awas ya!” ancam Ratu.
Tapi Ratu keliru. Edward justru malah merasa ditantang. Apapun resikonya, dia akan lari. Edward memang pemberani.
“Tak ada yang bisa memenjarakan saya, apalagi hanya seorang perempuan,” teriaknya marah. Dia berlari ke luar istana, melewati gerbang intan, gerbang permata delima, dan gerbang zamrud. Sekarang dia berada dalam air kelabuyang sedingin es.
Terdengar pekik jerit di belakangnya. Istana Ratu Danau Angker hancur berantakan. Tapi Edward sendiri sedang berusaha berenang ke permukaan, dia tidak peduli-menengok ke belakang pun tidak.
Kemudian datang seekor ikan yang besar sekali, menjejerinya.
“Peganglah ekorku,” kata ikan itu. “Kuantar kau ke permukaan. Kau telah menyelamatkan kami dari kekuatan sihir Ratu Danau Angker karena berani meninggalkan istana itu.”
Edward pun sampai ke tepi danau.
Bagi Edward, serasa dia sudah pergi selama berbulan-bulan tapi bagi Alfonso yang menunggunya dengan setia, terasa hanya beberapa menit saja.
Ketika pakaiannya sudah kering kembali, Edward merasa terbebas dari pesona Ratu Danau Angker. Diiringi Alfonso, dia kembali bertualang menjelajahi daerah-daerah tak dikenal, tapi dia takkan mengulang petualang yang menyeramkan didasar danau.
Itulah Edward yang suka berpetualang, ingin dan ingin mengetahui rahasia alam untuk meluaskan pengalaman hidup.
SELESAI


Cerita Rakyat Arab
Cangkir dan piring kecil
Sebuah cangkir berbicara kepada piring kecil tatakannya,  “Aku tidak mengerti, mengapa kamu berbaring di bawahku. Orang memakaiku untuk menampung air panas atau  air dingin. Tetapi apa yang kamu lakukan? Kamu benar-benar tidak berguna!”
Tak lama kemudian, seseorang menuangkan air panas ke dalam cangkir dan menaruh cangkir itu di atas meja.
Seorang anak kecil mengulurkan tangan seenaknya, meraih cangkir itu untuk diminum airnya. Cangkir terlalu panas, sehingga anak itu berteriak kesakitan serta menjatuhkan cangkir itu  ke lantai.
Cangkir jatuh ke lantai dan pecah berkeping-keping. Sambil memandangi cangkir yang sudah pecah itu, piring kecil mengatakan, ” Kalau tadi aku menopangmu, tangan anak itu tidak akan kepanasan dan ia takkan menjatuhkanmu.”
SELESAI
Ikan ajaib
Pada zaman dahulu, di sebuah negeri yang terletak di Timur Tengah (Arabia) ada seorang raja yang suka bersantap dengan makanan yang lezat dan nikmat.
Suatu ketika Raja ingin bersantap dengan hidangan ikan yang lezat. Para pelayan dikerahkan untuk mengumpulkan ikan sebanyak-banyaknya.
Ikan itu dikumpulkan di dapur istana. Seorang pelayan melihat ada ikan kecil yang manis sekali diantara kumpulan ikan di dapur, ikan kecil itu ternyata masih hidup. Si pelayan merasa kasihan.
Dia berpikir, jumlah ikan sangatlah banyak, tentu Raja tidak akan merasa kehilangan jika ia mengambil ikan kecil itu. Lalu dimasukkannya ikan itu ke dalam jambangan.
Beberapa hari kemudian Permaisuri melihat ikan itu. Ia sangat tertarik. Dibawanya ikan itu ke istana dijadikan binatang hias kesayangannya.
Sungguh ajaib, hanya dalam tempo seminggu ikan itu sudah menjadi besar. Jambangan tak cukup lagi memuat tubuhnya. Terpaksa Permaisuri memasukkannya ke dalam akuarium.
Namun beberapa hari kemudian ikan itu sudah membesar lagi. Tubuhnya lebih panjang dari akuarium, terpaksa ia dipindah ke dalam kolamistana. Ikan itu nampak senang dan badannya terus saja bertambah besar.
Karena tubuhnya yang terus membesar maka ikan itu tidak lagi nampak manis, melainkan nampak menyeramkan.
Ketika proses pembesaran sudah selesai dia selalu nampak merenung di sudut kolam. Tak mau berenang lagi.
“Apa yang kau pikirkan?” tanya Permaisuri saat melihat ikannya nampak sedih.
Ikan itu mengangkat hidungnya dan menjawab. “Aku bosan sendirian di dalam kola mini. Tak ada yang bisa kukerjakan. Aku ingin kawin, tapi aku tak mau kawin dengan ikan, aku ingin kawin dengan seorang gadis muda.”
Permaisuri sangat kaget mengetahui ikan itu ternyata dapat berbicara, lebih kaget lagi manakala mengetahui permintaan ikan yang dianggap sangat mustahil itu. Ikan ingin kawin dengan manusia?
Meski permintaan itu sangat tidak masuk akal, tapi Permaisuri tetap berusaha memenuhinya. Ia menyuruh pengawal untuk menyebarkan pengumuman kepada seluruh rakyatnya bahwa siapa saja gadis yang mau kawin dengan ikan kesayangannya maka akan dihadiahi harta berlimpah. Tetapi siapakah yang mau kawin dengan seekor ikan? Tentu saja tidak ada yang bersedia.
Sementara itu dinegeri lain, ada seorang janda tua yang kejam. Dia mendengar pengumuman sang Permaisuri. Janda ini punya anak kandung, seorang gadis berwajah jelek dan berkelakuan buruk. Dia juga punya anak tiri bernama Karin. Ayah Karin, suami si janda sudah lama meninggal dunia. Karin selalu diperlakukan dengan kejam dan tidak berperikemanusiaan.
Karin menangis tersedu-sedu karena ibu tirinya itu bermaksud menyerahkannya kepada Permaisuri untuk dikawinkan dengan seekor ikan.
Sebelum dibawa ke istana Karin disuruh mencucui semua pakaiannya dan mandi yang bersih.
Usai mencuci dan mandi ia duduk termenung dalam kesedihan.
“Mengapa aku harus kawin dengan seekor ikan?” gumamnya putus asa. Percuma menolak perintah ibunya, pasti ibu tirinya itu akan menghajar dan menyiksanya habis-habisan. Tak terasa air matanya bercucuran.
Saat termenung sedih tiba-tiba seekor katak meloncat dari balik batu. “Gadis cantik, kenapa kau menangis?”
Ketika Karin menceritakan nasibnya yang malang katak itu justru mentertawakannya.
“Gadis cantik,” kata si Katak. “Jangan khawatir, sebenarnya ibu tirimu hendak mencelakakanmu, tapi nasibmu bahkan akan menjadi baik dan menyenangkan. Dengarkan pesanku ini.”
Katak itu memberikan tiga butir kerikil kepada Karin sembari berkata, “Sebelum menikah dengan ikan itu, duduklah di kolam. Dia akan muncul kepermukaan. Pada saat itu masukkan sebutir kerikil ini ke dalam mulutnya. Dia tidak akan bisa menelanmu, tapi awas, jangan sampai kau tertidur di tepi kolam.”
Demikianlah, setelah persiapan selesai Karin dibawa pergi keistana. Sampai di istana dia diberi pakaian yang indah-indah, diberi perhiasan dan disediakan untuknya pondok mungil di tepi kolam.
Permaisuri berkata, “Kau harus duduk sendirian di tepi kolam, ikanku akan melihat calon istrinya.”
Dengan hati berdebar Karin duduk di tepi kolam. Tak berapa lama muncullah sebuah kepala yang bentuknya mengerikan. Secepatnya ia lempar sebutir kerikil ke dalam mulut ikan itu. Ikan itu menyelam tapi mendadak muncul lagi dengan mulut menganga. Karin melemparkan butir kerikil kedua dan ikan itu menyelam lagi.
Tak lama kemudian ikan itu muncul lagi, sekuat tenaga Karin melemparkan butir kerikil ketiga ke dalam mulut ikan. Kali ini ikan itu tidak menyelam lagi melainkan terdengar suara menggelegar, air kolam bergolak lalu dihadap Karin berdiri seorang Pangeran yangsangat tampan.
“Benarkah penglihatan saya ini…” gumam Karin seakan tak percaya.
“Benar, aku sebenarnya seorang Pangeran yang kena sihir oleh orang jahat. Berkat bantuanmu aku kembali menjadi manusia. Terima kasih Karin.”
Atas bantuan Permaisuri kedua remaja yang saling jatuh cinta ini dinikahkan, lalu diantarkan ke negeri asal Pangeran. Mereka hidup berbahagia. Sementara ibu tiri Karin menyesal bukan kepalang, ternyata nasib Karin lebih baik ketimbang nasib anak-anaknya.
SELESAI

Cerita Rakyat Italia
Unta dan lalat
Pada suatu pagi, seekor unta dan majikannya berangkat untuk menempuh perjalanan melintasi padang gurun.Muatan unta sangat berat.
Sepanjang jalan, seekor lalat terbang mendekat dan hinggap di atas punggung unta. Unta tidak menyadarinya. Namun, duduk di atas punggung unta, nun jauh di atas tanah, membuat sang lalat bagaikan sang ratu yang sedang menempuh perjalanan dalam kemegahan.
Malam itu, unta dan majikannya berhenti di sebuah penginapan. Majikan menuntun untanya ke sebuah kandang da mulai menurunkan muatannya dari punggung unta. Begitu majikan mulai menurunkan muatan, lalat terbang berputar-putar di depan wajah unta.
Unta berpikir bahwa lalat itu berasal dari kandang. ” Lalat tidak sopan!” pikir unta. “Kurasa dia pikir dia pemilik kandang ini dan aku harus menunjukkan sikap hormatku padanya. Sebagai tamu, aku harus sopan.”
“halo,” sapa lalat dengan sopan. ” Aku baru saja turun dari punggungmu. Terima kasih sudah memberiku tumpangan.”
Unta terkejut, tetapi tidak mengatakan apa-apa. Mulailah unta mengunyah jerami yang terletak di tanah, di sampingnya. Dipandanginya lalat, lalu ia mengedip-ngedipkan matanya berulang kali. Lalat pikir, unta sangat marah padanya dan ia merasa harus meminta maaf. ” Sepertinya kamu letih sekali.Maaf ya. Kuharap aku tidak menganggumu dengan bobot tambahan di punggungmu.”
Oh, tidak apa-apa,” kata unta, “sebab aku bahkan tidak merasakan apa-apa waktu kamu turun.” Sementara unta asyik mengunyah jerami, lalat terbang jauh, dan jelas-jelas lalat merasa bodoh sekali.
SELESAI
Cerita Rakyat Jepang
Legenda Aka Manto
Aka Manto adalah urban legend terkenal dari Jepang yang menceritakan sosok roh jahat yang menghantui toilet sekolah. Roh itu akan bertanya apakah orang itu minta tisu merah atau biru.
Dalam beberapa versi, Aka Manto dikisahkan sering menanyakan apakah seseorang ingin jubah merah atau biru. Sering digambarkan sebagai seorang pria tampan yang terus-menerus diburu oleh pengagumnya, Aka Manto suka memakai topeng untuk menyembunyikan wajahnya. Ketika seseorang sedang duduk di toilet, suara misterius akan muncul dan menanyakan apakah orang itu ingin tisu merah atau biru.
Jika orang itu menjawab tisu merah, dia akan diiris terpisah sampai pakaiannya berwarna merah. Jika orang itu memilih tisu biru, dia akan dicekik sampai wajahnya membiru. Setiap usaha untuk mengakali Aka Manto dengan meminta warna yang berbeda akan menyebabkan seseorang diseret ke akhirat. Satu-satunya jawaban yang benar adalah dengan mengatakan tidak ada tisu.
Putri kaguya
Di zaman dulu hiduplah seorang kakek bersama istrinya yang juga sudah tua. Kakek bekerja dengan mengambil bambu di hutan. Bambu dibuatnya menjadi berbagai barang, dan orang-orang menyebutnya Kakek Pengambil Bambu. Pada suatu hari, ketika kakek masuk ke hutan bambu, terlihat sebatang bambu yang pangkalnya bercahaya. Kakek merasa heran dan memotong batang bambu tersebut. Keluar dari dalam batang bambu, seorang anak perempuan yang mungil, tingginya cuma sekitar 9 cm tapi manis dan lucu. Anak perempuan tersebut dibawanya pulang dan dibesarkannya seperti anak sendiri. Sejak itu, setiap hari kakek selalu menemukan emas dari dalam batang bambu. Kakek dan nenek menjadi kaya. Dalam 3 bulan, anak perempuan yang dibesarkan tumbuh menjadi seorang putri yang sangat cantik. Kecantikan putri ini sulit ditandingi, begitu cantiknya sehingga perlu diberi nama. Orang-orang menyebutnya Putri Kaguya (Nayotake no kaguya hime).
Berita kecantikan Putri Kaguya tersebar ke seluruh negeri. Pria dari berbagai kalangan, mulai dari bangsawan hingga rakyat biasa, semuanya ingin menikahi Putri Kaguya. Mereka datang berturut-turut ke rumah Putri Kaguya untuk meminangnya, namun terus menerus ditolak oleh Putri Kaguya. Walaupun tahu usaha mereka sia-sia, para pria yang ingin menikahi Putri Kaguya terus bertahan di sekeliling rumah Putri Kaguya. Satu per satu dari mereka akhirnya menyerah, dan tinggal 5 orang pria yang tersisa, yang semuanya pangeran dan pejabat tinggi.
Mereka tetap bersikeras ingin menikahi Putri Kaguya, sehingga Kakek Pengambil Bambu membujuk Putri Kaguya, “Perempuan itu menikah dengan laki-laki. Tolong pilihlah dari mereka yang ada.” Dijawab Putri Kaguya dengan, “Aku hanya mau menikah dengan pria yang membawakan barang yang aku sebutkan, dan sampaikan ini kepada mereka yang menunggu di luar.”
Ketika malam tiba, pesan Putri Kaguya disampaikan kepada kelima pria yang menunggu. Pelamar masing-masing diminta untuk membawakan barang yang mustahil didapat, mangkuk suci Buddha, dahan pohon emas berbuah berkilauan, kulit tikus putih asal kawah gunung berapi, mutiara naga, dan kulit kerang bercahaya milik burung walet. Pelamar pertama kembali membawa mangkuk biasa, pelamar kedua membawa barang palsu buatan pengrajin, dan pelamar ketiga membawa kulit tikus biasa yang mudah terbakar. Semuanya ditolak Putri Kaguya karena tidak membawa barang yang asli. Pelamar keempat menyerah akibat dihantam badai di perjalanan, sedangkan pelamar kelima tewas akibat patah pinggang.
Berita kegagalan ini terdengar sampai ke kaisar yang menjadi ingin bertemu dengan Putri Kaguya. Kakek Pengambil Bambu membujuk Putri Kaguya agar mau menikah dengan Putri Kaguya, tapi Putri Kaguya tetap menolak dengan berbagai alasan. Putri Kaguya bahkan tidak mau memperlihatkan dirinya di depan kaisar. Kaisar akhirnya memutuskan untuk menyerah setelah saling bertukar puisi dengan Putri Kaguya.
Musim gugur pun tiba.
Putri Kaguya menghabiskan malam demi malam dengan memandangi bulan sambil menangis. Kalau ditanya kenapa menangis, Putri Kaguya tidak mau menjawab. Namun ketika bulan 8 tanggal 15 (bulan September) semakin dekat, tangis Putri Kaguya makin menjadi. Putri Kaguya akhirnya mengaku, “Aku bukan manusia bumi, tanggal 15 ini di saat bulan purnama, aku harus kembali ke bulan.” Identitas sebenarnya Putri Kaguya disampaikan kepada kaisar. Prajurit-prajurit gagah berani diutus kaisar untuk melindungi Putri Kaguya dari jemputan orang bulan.
Malam bulan purnama itu pun tiba, sekitar jam 2 malam, dari langit turun orang-orang bulan. Para prajurit dan Kakek Pengambil Bambu tidak mampu mencegah mereka membawa Putri Kaguya kembali ke bulan. Putri Kaguya adalah penduduk ibu kota bulan yang sedang menjalani hukuman buang ke bumi. Sebagai tanda mata, Putri Kaguya memberikan obat hidup kekal kepada kaisar. Namun tanpa Putri Kaguya, kaisar tidak merasa perlu hidup selama-lamanya. Diperintahkannya obat tersebut untuk dibakar di Suruga, di atas puncak gunung tertinggi di Jepang. Gunung tersebut kemudian disebut “Fushi no Yama,” dan akhirnya disebut “Fujiyama” (Gunung Fuji). Obat yang dibakar di atas gunung kabarnya membuat Gunung Fuji selalu mengeluarkan asap hingga sekarang.
SELESAI
Momotaro-Jepang.

Di zaman dulu kala, hiduplah seorang kakek dan nenek yang tidak punya anak. Ketika nenek sedang mencuci di sungai, sebutir buah persik yang besar sekali datang dihanyutkan air dari hulu sungai. Buah persik itu dibawanya pulang ke rumah untuk dimakan bersama kakek. Dipotongnya buah persik itu, tapi dari dalamnya keluar seorang anak laki-laki. Anak itu diberi nama Momotarō, dan dibesarkan kakek dan nenek seperti anak sendiri. Momotarō tumbuh sebagai anak yang kuat dan mengutarakan niatnya untuk membasmi raksasa. Pada waktu itu memang di desa sering muncul para raksasa yang menyusahkan orang-orang desa. Momotarō berangkat membasmi raksasa dengan membawa bekal kue kibidango. Di tengah perjalanan menuju pulau raksasa, Momotarō secara berturut-turut bertemu dengan anjing, monyet, dan burung pegar. Setelah menerima kue dari Momotarō, anjing, monyet, dan burung pegar mau menjadi pengikutnya. Di pulau raksasa, Momotarō bertarung melawan raksasa dengan dibantu anjing, monyet, dan burung pegar. Momotarō menang dan pulang membawa harta milik raksasa



Cerita Rakyat Yunani
Pengembara dan sekantong uang
Dua orang pengembara berjalan bersama di suatu jalan, dan salah satu pengembara tersebut menemukan sebuah kantung yang penuh berisikan uang.
“Betapa beruntungnya saya!” katanya, “Saya telah menemukan sebuah kantung berisi uang. Menimbang dari beratnya, saya rasa kantung ini pasti penuh dengan uang emas.”
“Jangan bilang ‘SAYA telah menemukan sekantung uang’,” kata temannya. “Lebih baik kamu mengatakan ‘KITA telah menemukan sekantung uang’. Pengembara selalu berbagi rasa dengan pengembara lainnya, baik itu dalam susah maupun senang.”
“Tidak, tidak,” kata pengembara yang menemukan uang, dengan marah. “SAYA menemukannya dan SAYA akan menyimpannya sendiri.”
Saat itu mereka mendengarkan teriakan teriakan di belakang mereka “Berhenti, pencuri!” dan ketika mereka melihat ke belakang, mereka melihat sekumpulan orang yang terlihat marah dan membawa pentungan kayu dan tongkat, berlari ke arah mereka.
Pengembara yang menemukan uang tadi langsung menjadi ketakutan.
“Celakalah kita jika mereka melihat kantung uang ini ada pada kita,” katanya dengan ketakutan.
“Tidak, tidak,” jawab pengembara yang satu, “kamu tidak mengatakan ‘KITA’ sewaktu menemukan sekantung uang, sekarang tetaplah menggunakan kata ‘SAYA’, kamu seharusnya berkata ‘celakalah SAYA'”.
Dan sekumpulan orang yang marah itu pun segera menangkap si pengembara yang menemukan uang.
SELESAI
Hercules

Hercules adalah tokoh dalam mitologi Romawi. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Herakles. Begitu banyak cerita dan versi tentang lelaki yang diidentikkan dengan kekuatan dan kedewaannya. Legenda menyebutkan bahwa Hercules adalah putra dewa Jupiter (Dalam mitologi Yunani disebut Zeus), pemimpin para dewa dengan Alcmene yang seorang wanita biasa. Ini membuat Juno (dalam mitologi Yunani disebut Hera), istri Jupiter cemburu dan menumpahkan kekesalannya pada Hercules dengan berusaha membunuhnya. Kisah yang terkenal adalah upaya Hera membuat Hercules menderita dan diharuskan menjalankan 12 macam tugas berat, yang semuanya bisa dilalui. Hercules bahkan pernah dibuat gila sehingga membunuh istri pertamanya Megara dan kedua anaknya.


Legenda Penumpang misterius
Legenda perkotaan ini sangat populer di barat. Konon siapapun yang bepergian sendiri saat malam dan menemukan seorang wanita yang meminta tumpangan akan mengalami kejadian aneh yang menyeramkan. Wanita itu akan minta diantarkan ke rumahnya yang hanya berjarak beberapa mil dari lokasi dia memberhentikan mobil. Sesampainya di tempat tujuan, sang pengemudi akan menoleh ke kursi belakang untuk mengatakan bahwa mereka telah sampai di tempat tujuan. Anehnya, penumpang asing itu telah hilang dari kursinya.
Inilah sepuluh urban legend yang populer dari seluruh dunia. Benar atau tidak, semua tergantung Anda karena sejatinya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.
Legenda Elisa Day
Pada abad pertengahan di Eropa, tinggal seorang wanita muda bernama Elisa Day, yang keindahan parasnya digambarkan seperti sekuntum bunga mawar yang cantik. Suatu hari, seorang pria muda datang ke kota itu dan langsung jatuh cinta pada Elisa. Mereka kemudian berkencan selama tiga hari.
Pada hari pertama, pria itu mengunjungi rumah Elisa. Hari kedua, ia membawakan Elisa setangkai mawar merah dan memintanya untuk menemuinya di mana mawar liar tumbuh. Pada hari ketiga, ia membawa Elisa ke sungai di mana ia kemudian membunuhnya.
Pria itu membunuh Elisa dengan menghantamkan batu ke kepala gadis itu dan berbisik: “Semua keindahan harus mati”. Beberapa orang mengklaim telah melihat sosok hantu Elisa yang berkeliaran di sungai, darah tampak mengalir di sisi kepalanya sembari menggenggam setangkai mawar di tangannya.


4 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net